Sony PlayStation Menyapa Kita Lewat Sony Classic 2018

Hai sobat melek masih ingat dengan konsol game Sony PlayStation generasi pertama? Jika ingat dan sempat memiliki, kabar baik datang dari Sony soal perangkat game yang penuh kenangan bagi kamu generasi 90-an. Melansir situs resmi PlayStation, Kamis (20/9), Sony dikabarkan tengah bersiap untuk merilis kembali konsol game PlayStation generasi pertamanya itu dalam versi remake. PlayStation Classic.

Sony mengikuti jejak Nintendo yang meluncurkan kembali konsol orisinilnya dalam versi mini, yakni NES dan SNES Classic. Untuk pertama kalinya, Sony akan merilis versi mini konsol PlayStation lawas (PS1) dengan nama baru, PlayStation Classic. Konsol PlayStation Classic akan mulai dijual 3 Desember 2018, tepat 24 tahun PlayStation pertama dirilis di Jepang. Di tanah kelahirannya, PlayStation Classic akan dijual seharga 9.980 yen (sekitar Rp 1,3 jutaan).

Tidak hanya datang dengan bentuk khas yang menggugah rindu kita, beberapa judul game terfavorit yang populer kala itu juga akan dibuat ulang dan hadir untuk perangkat ini. Menariknya, semua judul game ‘jadul‘ yang akan hadir juga akan melenggang dengan format asli seperti memainkan game tersebut di masa jayanya.

Beberapa game jadul yang akan turut di-remake Sony, antara lain, Final Fantasy VII, Jumping Flash, Ridge Racer Tipe 4, Tekken 3, dan Wild Arms. Sementara judul lainnya masih akan diungkapkan Sony di hari peluncurannya pada 3 Desember mendatang.

Sesi pemesanan saat ini juga telah dibuka bagi konsumen di AS, melalui situs Gamestop, BestBuy, dan Walmart. Dibanding versi orisinil. PlayStation Classic 2018 ukurannya menciut 45 persen. Namun, desain dan warnanya, masih sama dengan konsol PS tahun 90-an. Meski memiliki desain serupa, namun ada beberapa fitur orisinil yang diperbarui. Seperti slot kartu memori yang mengecil yang tidak bisa berfungsi lagi. Laci untuk memutar kaset CD juga akan menjadi hiasan saja, yang artinya tidak akan terbuka meski ada tombol “open”. Dengan Konsol Lawas Tombol tersebut berubah fungsi untuk mengganti CD virtual. Sementara tombol “reset” saat ini akan berubah fungsi menjadi tombol “suspend” untuk menjeda game dan menyimpan progresnya untuk dimainkan lagi nanti.

Adapun setiap unit dari PlayStation Classic akan dilengkapi dengan kabel HDMI, USB, dan dua kontroler. Sedikit berbagi informasi, Sony PlayStation generasi pertama dirilis sekitar 1994. Perangkat buatan Sony Computer Entertainment itu kemudian menjadi populer dan dilanjut dengan konsol-konsol game lainnya dari keluarga Sony PlayStation hingga kini