6 Pesawat Tempur Tercanggih yang Dimiliki Indonesia

6 Pesawat Tempur Tercanggih yang Pernah Dimiliki Indonesia
6 Pesawat Tempur Tercanggih yang Pernah Dimiliki Indonesia

6 Pesawat Tempur Tercanggih yang Dimiliki Indonesia

Daftar Pesawat Tempur Indonesia – Indonesia lewat lembaga militernya TNI memiliki tugas dan peran yang sangat vital dalam menjaga keamanan dan pertahanan negara. Bangsa yang memiliki luas wilayah terbentang dari Sabang hingga Merauke ini harus mempunyai pengamanan pada titik vital seperti pusat pemerintahan, juga beberapa sumber daya alam, sumber daya manusia supaya tidak diakuisisi negara lain.

Salah satu tugas lembaga militer yaitu menjaga batas wilayah negara melalui jalur udara. Melalui Korps TNI Angkatan Udara lah operasi militer udara dilakukan. Korps yang terbentuk pada tanggal 9 April 1946 tepat satu tahun setelah proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia dikumandangkan. Sebelumnya bernama TKR Jawatan Penerbangan yang menjadi bagian dari Tentara Angkatan Darat dan sekarang bernama TNI AU (Angkatan Udara).

TNI AU dipimpin oleh seorang Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) yang menjadi pemimpin tertinggi di Markas Besar Angkatan Udara, KASAU saat ini dijabat oleh Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Nah, untuk Komando Operasinya terbagi menjadi tiga titik antara lain Komando Operasi Angkatan Udara I bermarkas di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Untuk Komando Operasi Angkatan Udara II bermarkas di Makassar dan Komandi Operasi Militer Angkatan Udara III bermarkas di Biak, Papua. Pembagian wilayah markas ini mengingat luasnya wilayah operasi militer yang diemban oleh Angkatan Udara.

Selain menjaga batas wilayah Negara, TNI AU juga rutin memantau jalur lalulintas penerbangan di langit Indonesia. Hal tersebut dikarenakan mengantisipasi penyusup atau ada pesawat asing yang memasuki wilayah Negara Indonesia tanpa izin dengan kepentingan yang tidak jelas. Seperti beberapa kasus lalu pada tahun 2018 pernah ada dua pesawat asing tanpa izin memasuki kawasan Kepulauan Natuna dan hal tersebut mendapat reaksi cepat dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dengan mengerahkan dua jet tempur F 16 untuk mengusirnya.

Untuk mendukung kinerja TNI AU dalam menjaga wilayah negara via udara diperlukan alutsista yang mumpuni dan banyak. Salah satu alutsista utama yaitu pesawat terbang, dari awal terbentuk TNI AU sudah melakukan pengadaan berbagai jenis pesawat dengan fungsi dan kecanggihan masing-masing. Hal tersebut dilakukan agar mampu mengimbangi kekuatan militer negara lain. Mengingat Indonesia pernah memiliki rekam jejak yang kelam dalam hal eksploitasi wilayah oleh bangsa dan negara besar.

Kali ini kita akan mengulas jenis pesawat tempur Indonesia baik yang berjenis pesawat tempur jet maupun helikopter. Bahkan Indonesia juga sudah memiliki jet tempur tercanggih di Asia Tenggara. Untuk jumlah pesawat tempur Indonesia saat ini mencapai 300 unitan dan masih ada beberapa dalam tahap pemesanan. Berikut daftar pesawat tempur Indonesia.

6 Pesawat Tempur Tercanggih yang Dimiliki Indonesia

1 Pesawat Jet Northop F-5E

6 Pesawat Tempur Tercanggih yang Pernah Dimiliki Indonesia
Jet F-5E Tiger II

Pesawat tempur bertipe serang ini dirancang oleh Edgar Schmued. Pesawat yang sering dikenal dengan nama F-5E/F Tiger II ini merupakan bagian dari keluarga pesawat tempur supersonik ringan yang dirancang dan di produksi oleh PT Nortrop di Amerika Serikat. Jumlah Jet tempur Indonesia tipe ini sebanyak 12 unit.

Pesawat ini merupakan pengembangan dari tipe sebelumnya yaitu F-5 Freedom yang perah dipakai oleh Amerika dalam Perang Dingin dengan membeli 1100 unit. Pesawat yang didesain menjadi pesawat tempur ringan, harga rendah dan juga perawatan yang mudah sehingga peminatnya lumayan banyak. Pemakai pesawat ini dari negara-negara sekutu Amerika Serikat seperti Brazil, Canada, Austria, Singapura dan negara-negara di Asia Timur dan Afrika.

Pesawat yang memiliki dua model tempat duduk ini memiliki radius tempur 750 knot (1.405 km/jam) dengan kecepatan maksimal 917 knot. Selain itu juga dibekali persenjataan mematikan seperti 2 meriam Pontiac M39A2 dengan kapasitas 280 butir/meriam. Rudalnya bisa mencapai 3.200 kg munisi meliputi AIM-7 sparrow, AIM-9 Sidewinder, AGM-65 Maverick dan AIM 120 AMRAAM. Pesawat ini juga dilengkapi Bom, antara lain M129 Leaflet, 500 lb 225 kg Mk82, 2.000 lb 900 kg Mk84 dan model CBU-24/49/52/58 munisi kluster.

2 Pesawat Sukhoi Su-35

6 Pesawat Tempur Tercanggih yang Pernah Dimiliki Indonesia
Sukhoi Su-35

Jenis pesawat tempur Indonesia ini bisa dibilang familiar. Pesawat tempur dari Negara Rusia ini memiliki multiperan, masuk dalam kelas berat, daya jelajahya panjang serta bertempat duduk tunggal. Pesawat dengan kode Su-35 ini sebenarnya kembangan dari kakanya Su-27 yang awal bernama Su-27M. Pesawat dibikin untuk menandingi pesawat tempur jenis F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon.

Pesawat yang dirancang oleh Mikhail Simonov ini pertama kali terbang pada Mei 1988 oleh Angkatan Udara Rusia. Kini Indonesia juga sudah memiliki tiga jenis pesawat tempur multi peran ini untuk melengkapi armada tempur udara dan masih melakukan pemesanan sebanyak 11 unit.

Desain pesawat tempur Sukhoi Su-35 ini memiliki kesamaan dengan Su-27 tetapi memiliki canard seperti Su-33 dan dilengkapi mesin lebih bertenaga bersistem fly-by-wire digital terbaru. Selain itu pesawat tempur ini juga dilengkapi vitur radar multi mode terbaru, detektor inframerah dan juga senjata yang sudah terupgrade.

Kecepatan maksimum pesawat ini mencapai 2.390 km/jam, dengan jarak jangkau tempur sejauh 3.600 km. Sedangkan batas tertinggi terbang sekitar 18.000 m, menandakan pesawat ini dalam kategori pesawat tempur berat. Pesawat dengan satu kru ini memiliki berat kosong 18.400 kg dan dengan berat maksimum 25.300 kg.

Untuk menambah gahar pesawat ini dibekali persenjataan dengan kapasitas besar dan mematikan musuh (target) dengan cepat dan akurat. Berbekal kanon 1×30 mm internal Gryazev-Shipunov GSh-30-1 dengan 150 peluru, 2 x rel ujung sayap untuk peluru kendali udara R-73, 12 stasiun rangka dan sayap untuk 8.000 kg artileri termasuk peluru kendali udara ke udara, peluru kendali udara ke darat, roket, dan bom.

3 Pesawat Jet F-16 Fighting Falcon

6 Pesawat Tempur Tercanggih yang Pernah Dimiliki Indonesia
Pesawat Jet F-16 Fighting Falcon

Jet tempur tercanggih di Asia Tenggara ini produksi dari perusahaan General Dynamics yang berada di Amerika Serikat. Pesawat tempur bertipe multi-peran supersonik ini pertama kali terbang pada tahun 1974 oleh Angkatan Udara Amerika Serikat dan pernah digunakan untuk operasi militer di Perang Irak 2003.

Salah satu pengguna pesawat tempur ini Indonesia, sebanyak 30 unit dengan 6 sebagai cadangan. Pesawat yang awalnya hanya dirancang untuk tempur superioritas udara namun akhirnya berevolusi menjadi pesawat tempur multiperan yang sangat legendaris. Kemampuan yang dimiliki bisa digunakan untuk segala jenis misi operasi militer inilah sihingga menjadi banyak incaran negara-negara. Ada 24 negara pemesan pesawat jenis ini salah satunya Indonesia.

Pesawat ini di Indonesia dipakai untuk misi pengawalan pesawat kepresidenan. Pesawat F-16 dikenal memiliki kemampuan tempur di udara sangat baik, dengan inovasi kokpit tanpa bingkai yang memperjelas penglihatan, gagang pengendali samping untuk mempermudahkan kontrol pada kecepatan tinggi.

Dari beberapa varian F-16 yang dimiliki Indonesia hanya 2 tipe yaitu A/B Blok 15 OCU yang memiliki jenis mesin F100-PW-220 turbofans dengan kontrol digital, kemampuan menembakkan AGM-65, AMRAAM dan AGM-119 Penguin, serta upgrade kokpit, sistem komputer dan jalur data. Berat maksmimunya mencapai 17.000 kg, dan tipe C/D yang memiliki vitur radar Westinghouse AN/APG-68, mesin Pratt & Whitney F100, dilengkapi juga inframerah seperti LANTRIN, LITENING, dan SNIPER untuk memudahkan operasi malam hari dan cuaca buruk.

4 Helikopter Eurocopter AS565 Panther

6 Pesawat Tempur Tercanggih yang Pernah Dimiliki Indonesia
Eurocopter AS565 Panther

Jenis pesawat tempur Indonesia yang ini adalah helikopter, yaitu dengan menggunakan penggerak baling-baling membuatnya bisa bergerak statis. Tipe dan model helikopter perang sangat banyak, salah satunya yaitu AS565 MBe Panther Anti Kapal Selam jebolan Airbus ini. Seperti namanya helikopter ini diproyeksikan untuk pendukung Angkatan Laut yaitu pengintaian lawan bawah laut berupa kapal selam.

Indonesia tahun 2018 melalui PT Dirgantara Indonesia telah menyerahkan 10 unit helikopter ini kepada Kementerian Pertahanan. Jenis helikopter menengah berat multi purpose dengan mesin kembar Panther yang digunakan untuk berbagai macam misi militer, termasuk serangan tempur, dukungan tembakan, anti kapal selam, anti kapal permukaan, pencarian dan penyelamatan serta evakuasi medis.

Helikopter yang memiliki 2 kru, 1 pilot dan 1 ko pilot ini mampu mengangkut 10 pasukan, memiliki berat max 4.300 kg. Kecepatan maskmimum mencapai 306 km/jam. Untuk menambah gahar helikopter ini dibekali beberapa jenis senjata seperti Giat M621 20 mm polong meriam, roket 68 mm, 70 mm, dan rudal matra udara, rudal mistral udara ke udara, AS 15 TT rudal anti permukaan, HOT rudal anti tank, torpedo MK46 untuk anti kapal selam.

Baca Juga :

5 Helikopter Mi-35 P

6 Pesawat Tempur Tercanggih yang Pernah Dimiliki Indonesia
Helikopter Mi-35

Helikopter buatan Uni Soviet atau Sekarang Rusia ini merupakan helikopter tempur sekaligus pengangkut personil. Terbang perdana pada tahun 1970 dan masih digunakan oleh 30 negara termasuk Indonesia. Helikopter tipe serang ini mempunyai kode militer NATO “Hind”. Menurut pilot Rusia helikopter ini adalah layaknya tank udara atau ada juga yang memberi julukan helikopter buaya karena memiliki warna kamuflase.

Sebagai heli perang, dua awak pengendali mendapat perlindungan khusus di dalam kokpit tahan peluru, baik dinding maupun kaca kokpit terbuat dari bahan titanium dan kaca khusus (kevlar) yang mampu menahan gempuran senapan mesin berkaliber 12.7 mm. Heli ini mampu bersaing dengan heli-heli buatan barat seperti Black Hawk.

Memiliki dua mesin turboshaft yang memutar lima bilah baling-baling 17,5 m utama dan tiga baling-baling belakang dapat menghasilkan tenaga yang cukup kencang. Penempatan senjata pada sayap pendeknya juga mempermudahkan dalam bermanuver. Dilengkapi dengan senjata 12,7 mm Yakushev-Borzov multi barrel machinegun, 1500 kg bom, 4 peluru kendali anti tank, 4 roket pod 57 mm dan 80 mm, dua meriam laras 23 mm, dan 4 tangki bahan bakar eksternal. Sehingga membuat heli penyerbu tersadis selain heli tipe Black Hawk yang terkenal dengan kecepatan dan manuver serta roket anti tank nya.

Indonesia sudah punya 5 unit yang diparkir di Pusat Penerbangan TNI AD Pondok Cabe Jakarta. Keberadaan helikopter ini menambah koleksi alutsista Angkatan Udara yang sudah mempuyai helikopter seperti AH-64 Apache, Super Puma, Black Hawk dan Chinook.

6 Pesawat A-4 Skyhawk

6 Pesawat Tempur Tercanggih yang Pernah Dimiliki Indonesia
Jet A-4 Skyhawk

Penasaran dengan pesawat tempur TNI yang dirahasiakan, ini dia jawabannya. Pesawat serang rancangan Ed Heinemann memiliki nama A-4 Skyhawk, Amerika Serikat memang penyumbang produk pesawat tercanggih dunia terbanyak bisa dibilang. Kali ini pesawat jet yang terbang perdana pada tahun 1954 awalnya diproyeksikan untuk operasi di atas kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat kemudian juga dipesan oleh negara-negara lain seperti Indonesia untuk melengkapi armada tempur udara.

Indonesia melalui TNI AU pernah mengoperasikan sebanyak 37 unit bekas Angkatan Udara Israel hingga tahun 2003. Hal tersebut yang kemudian menjadi perdebatan banyak orang, sehingga dalam pengadaannya terkesan rahasia atau disembunyikan. Dikarenakan pembelian dari negara Israel yang sangat menuai kecaman atas perbuatannya dalam eksploitasi Palestina. Belakangan tersebar berita bahwa TNI AU akan berkeinginan untuk mengaktifkan kembali pesawat ini setelah Amerika Serikat mengakhiri embargo penjualan amunisi dan suku cadang militer kepada Indonesia.

Nah, itu tadi ulasan mengenai 6 Pesawat Tempur Tercanggih Pernah Dimiliki Indonesia, sehingga TNI AU dalam tugasnya menjaga dan mepertahankan kedaulatan bangsa lebih efektif dan efisien, semoga Indonesia juga kedepannya mampu memproduksi pesawat perang yang tidak kalah canggih sehingga mampu bersaing di kancah internasional. Demikian ulasan dari kami, terimakasih sudah mampir di kanal ayomelek, semoga bermanfaat buat sobat semua dan sampai jumpai di artikel menarik selanjutnya.