5 Pasukan Elit TNI yang Ditakuti Dunia!

5 Pasukan Elit TNI yang Ditakuti Dunia!
5 Pasukan Elit TNI yang Ditakuti Dunia!

5 Pasukan Elit TNI yang Ditakuti Dunia!

Pasukan Elit TNI yang Dirahasiakan – setiap negara merdeka dan berdaulat memiliki alat negara yang berfungsi sebagai alat pertahanan negara untuk melindungi kemerdekaan dan kedaulatan wilayahnya dari kemungkinan serangan atau penyerbuan bangsa dan negara lain. Untuk itu orientasi kewaspadaan militer adalah pada menjaga garis perbatasan negara dari kemungkinan datangnya serangan musuh. Indonesia salah satunya, negara dengan luas wilayah yang besar dan topografi kepulauan membuat hal ini menjadi salah satu konsen utama.

Lembaga pertahanan dibidang militer di Indonesia bernama TNI (Tentara Nasional Indonesia) yang langsung di pimpin oleh Presiden sebagai Panglima tertinggi menurut Undang-Undang Dasar 1945 pasal 10. Namun dalam struktur kelembagaannya pimpinan tertinggi di jabat oleh Panglima TNI dengan gelar pangkat bintang empat atau Jenderal Besar. Seorang panglima TNI membawahai semua Korps (kesatuan), yang meliputi TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL), TNI Angkatan Udara (AU).

Setiap Korps dalam tubuh TNI memiliki tugas dan peran masing-masing sesuai dengan undang-undang pertahanan dan juga SOP kemiliteran. Yang menarik adalah setiap lembaga pertahanan yaitu pasukan atau anggota militer yang identik dengan kemampuan dan kekuatan yang luar biasa karena dituntut untuk memberikan kesan yang kuat. Akan tetapi TNI juga memiliki klasifikasi pasukan berdasarkan kualitas, ada yang bersifat prajurit biasa dan juga bersifat pasukan khusus.

Pasukan khusus yang dimiliki TNI ini biasanya disebut dengan istilah pasukan elit yang dirahasikan. Kenapa demikian, sesuai dengan istilahnya yang serba rahasia, pastinya mereka sengaja didesain untuk bertugas dalam operasi khusus. Baik untuk sebuah operasi pengamanan kenegaraan seperti protokoler kepresidenan beserta jajaran lembaga negara lainnya, atau operasi yang bersifat penyerangan atau penangkapan musuh.

Pasukan elit Indonesia yang tidak diketahui ini memiliki nama yang unik dan terkesan gahar ya sob. Selain nama, pastinya ketrampilan serta alat-alat persenjataannya pun beragam dan pasti lebih canggih. Untuk satu Korps pasukan khusus atau pasukan elit yang dirahasiakan biasanya berjumlah lebih sedikit daripada pasukan yang berstatus prajurit. Nah, kali ini ayomelek akan mengulas mengenai lima pasukan Elit TNI yang ditakuti oleh dunia.

5 pasukan elit yang ditakuti dunia

1 KOPASSUS

5 Pasukan Elit TNI yang Ditakuti Dunia!
KOPASSUS

Korps TNI yang bernama KOPASSUS salah satu Korps yang familiar ditelinga kalian ya sobat melek. KOPASSUS atau singkatan dari Komando Pasukan Khusus ini merupakan cabang dari Korps TNI Agkatan Darat yang merupakan bagian dari Komando Utama (KOTAMA) TNI Angkatan Darat. Pasukan yang memiliki kemampuan bergerak cepat di segala medan tempur, akurasi tembakan yang baik dan tepat, pengintaian serta anti teror.

Tugas Kopassus dalam operasi militer perang (OMP) secara langsung yaitu untuk menghancurkan logistik musuh, Combat SAR, Anti Teror, Advance Combat Intelligence (operasi intelijensi khusus). Selain bertugas dalam operasi militer perang, Kopassus juga memiliki tugas operasi lain yaitu Humanitarian Asistensi (bantuan kemanusiaan), AIRSO (Operasi anti insurjensi, separatism dan pemberontakan), perbantuan terhadap kepolisian/pemerintah, SAR khusus serta pengamanan VVIP.

Untuk mengenali prajurit TNI yang tergabung dalam korps Kopassus sangat mudah sebenarnya, yaitu ada beberapa identitas yang membedakan mereka dengan korps lain, seperti baret warna merah yang dikenakan. Sedangkan motto yang mereka miliki yaitu “Berani, Benar, Berhasil”. Dengan demikian setiap individu prajurit TNI yang tergabung dalam kesatuan Kopassus dituntut untuk menjaga integritas kerja yang tinggi, sehingga untuk bisa tergabung dalam kesatuan tersebut dibutuhan tahapan kualifikasi yang panjang.

Struktur satuan Kopassus mungkin yang berbeda dengan korps yang lainnya, terlihat dengan nama atau sebutannya yaitu dengan istilah Grup, hal tersebut sengaja dilakukan untuk tidak terikat ukuran umum satuan infanteri. Penggunaan istilah grup bertujuan agar satuan yang dimiliki mereka terhindar dari standart ukuran infanteri pada umumnya. Lima grup yang dimiliki Kopassus antara lain; Grup 1/Para Komando yang berlokasi di Serang, Banten, Grup 2/Para Komandi yang berlokasi di Katasura, Jawa Tengah, Grup 3/Pusat pendidikan Pasukan khusus berlokasi di Batujajar, Jawa Barat, Grup 4/Sandhi Yudha yang berlokasi di Cijantung, Jakarta Timur dan yang ke 5/Anti Teror berlokasi di Cijantung Jakarta Timur.

2 KOPASKA

5 Pasukan Elit TNI yang Ditakuti Dunia!
KOPASKA

Pasukan elit TNI yang kedua yaitu berasal dari Korps Angkatan Laut, kesatuan pasukan yang didirikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 31 Maret 1962 ini diberi nama Komando Pasukan Katak (KOPASKA). Pasukan khusus yang dibentuk dengan tugas pertama operasi militer di Irian Jaya ini kemudian berkembang tidak hanya menjalankan operasi militer perang saja namun juga operasi yang bersifat kemanusian.

Kopaska terbagi menjadi tiga bagian komando antara lain, berada di pondok dayung, Jakarta, yang kedua di Surabaya dan yang ketiga ada di Sorong Papua. Tugas utama yang diemban pasukan elit Marinir ini ialah menyerbu kapal dan pangkalan musuh, menghancurkan instalasi bawah air, penyiapan perebutan pantai dan operasi pendaratan amfibi.

Pasukan khusus dari TNI Angkatan Laut ini memiliki semboyan “Tan Hana Wighna Tan Sirna” yang berarti tidak ada rintangan yang tidak dapat diatasi. Selain memiliki tugas utama dalam operasi militer perang Kopaska juga ditugaskan dalam pengamanan bersifat VIP seperti pengawalan Presiden dan Wakil Presiden.

Pola pendidikan untuk melahirkan prajurit yang tangguh dalam korps yang satu ini terbilang paling keras dan berat. Pendidikan dengan diawali penanaman ideologi Pancasila juga gemblengan fisik yang luar biasa untuk mencapai keahlian khusus menyelam dan pertempuran bawah air. Bahkan Kopaska mempunyai satu ritual khusus diakhir pendidikan yang disebut dengan ‘Minggu Neraka’, yaitu semua prajurit yang tergabung dalam kesatuan mendapat pressure mental yang luar biasa kerasnya.

Selain dilatih teknik berperang dalam segala jenis medan, mereka juga diberikan materi didalam kelas, seperti pemahaman dasar pemakaian atribut perang, mengenali medan perang, perang hutan, perang jarak dekat, navigasi, sea and jungle survival, baca peta, pengenalan berbagai senjata api, daki serbu, combat SAR dan intelijensi tempur serta beladiri tangan kosong.

Untuk bisa tergabung dalam kesatuan Kopaska setiap prajurit TNI AL harus memenuhi beberapa tahap rekrutmen, antara lain : Anggota TNI, berdinas minimum 2 th di KRI/Kapal Perang, lulus tes jasmani, lulus tes ketahanan air, lulus psikotest khusus, lulus kesehatan khusus bawah air, dan pastinya secara sadar mengikuti tes dan pendidikan tanpa paksaan siapapun.

Baca Juga :

3 YONTAIFIB

5 Pasukan Elit TNI yang Ditakuti Dunia!
YONTAIFIB

Masih dari cabang Korps Angkatan Laut kita yang menjadi penyumbang pasukan elit tersembunyi terbanyak dan sering kali mendapat pengakuan negara lain. Kali ini pasukan elit dari Angkatan Laut kita bernama Batalyon Intai Amfibi atau disingkat dengan Yontaifib. Seperti namanya pasukan ini bekerja didua medan sekaligus yaitu air dan darat. Pastinya prajuti TNI yang tergabung dalam pasukan ini bukan sembarangan, selain mahir di darat juga di air.

Pasukan Korps Marinir ini memiliki spesialisasi dalam operasi dan pengintaian khusus. Pasukan ini setara dengan pasukan yang tergabung di Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus dalam jajaran TNI Angkatan Darat. Semboyan mereka adalah “Maya Netra Yamadipati” yang memiliki arti Prajurit Taifib selalu memiliki kemampuan bergerak dengan cepat, rahasia dan mematikan dalam setiap pertempuran.

Untuk sistem rekrumet pasukan terbilang ketat dan keras, karena ditangan pasukan Intai Amfibilah sebuah kesuksesan operasi Amfibi dipertaruhkan. Perekrutan prajurit Taifib atas dasar sukarela dari korps Marinir yang meliputi semua bagian seperti Infanteri, Artileri, Kaveleri, Bantuan Tempur dan Pertahanan Pangkalan yang sudah mendapat pendidikan dasar tempur yaitu Pendidikan Dasar Kemiliteran, Pendidikan Keprajuritan Marinir, Pendidikan Taktik Opersi Darat, Pendidikan komando Marinir, Pendidikan Menembak Kualifikasi, Pendidikan Operasi Amfibi termasuk Raid Amfibi, Para Dasar, Penyelaman, dan Free Fall.

Selain itu masih ada tes kesehatan dan fisik untuk menunjang kualitas fisik prajurit saat dimedan tempur. Calon siswa Diktaifib maksimal berusia 26 tahun baik Perwira, Bintara dan Tamtama TNI AL. setiap pasukan khusus Intai Amfibi ini bisa dikenali lewat atribut khas mereka, seperti Baret warna Ungu dan di Baretnya ada Brevet “Tri Media” di samping Pataka Korps Marinir.

Salah satu latihan yang terlihat mengerikan dan terkadang juga membahayakan yaitu saat di medan latihan tahap laut dengan materi drown profing atau renang dengan posisi tangan dan kaki terikat, kemudian ada lagi materi chast & recovery (loncat dan naik perahu karet). Latihan aspek laut sendiri meliputi selam kedalaman, selam tempur, infiltrasi bawah air, demolisi bawah air, sabotase bawah air, selam SAR, renang jarak sedang sampai dengan jarak jauh.

Sedangkan untuk latihan pengintaian hidrografi menggunakan daerah latihan pantai Pasir Putih. Untuk materi menembus gelombang laut biasanya latihan berada di laut selatan yang gelombangnya bisa mencapai 10 meter lebih. Dengan segala resiko dan latihan yang berat ini bagi siswa yang dinyatakan lulus pasti akan mendapat penghormatan dan penempatan sebagai pasukan khusus sehingga tidak heran jika banyak negara-negara lain merasa takut dengan kemampuan pasukan khusus Yontaifib.

4 DENJAKA

pasukan elit tni
DENJAKA

Urutan pasukan elit TNI yang keempat ini berasal dari Korps Angkatan Laut atau Marinir bernama Detasemen Jalamangkara (Denjaka). Pasukan yang terdiri dari gabungan antara pasukan Kopaska dan Taifib Korps Marinir TNI AL. Pasukan Denjaka ini mendapat pelatihan dan pendidikan di Bumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan. Materi yang diberikan selama pendidikan enam bulan ini yaitu tentang Penanggulangan Teror Aspek Laut (PTAL).

Pembentukan Detasemen anti teror laut ini atas mandat atau intruksi Panglima TNI kepada Komandan Korps marinir pada tanggal 13 November 1984. Tugas pokok Denjaka ini meliputi operasi anti teror, anti sabotase dan operasi klandestin yang beraspek laut serta operasi-operasi khusus lainnya.

Pola rekrutmen Denjaka sendiri dimulai sejak pendidikan para dan komando, selangkah sebelum masuk ke Denjaka, prajurit terpilih mesti sudah lulus kualifikasi intai amfibi. Dalam setiap aksinya satuan khusus ini bergerak menuju sasaran baik lewat permukaan atau bawah laut. Sedangkan pendidikan yang diberikan kepada setiap personil Denjaka supaya menjadi pasukan elit yang mematikan antara lain materi intelijensi, taktik dan teknik anti teror serta anti sabotase, dasar-dasar spesialisasi, dan yang tak kalah penting adalah materi komando kelautan yang mencakup segala aspek pengetahuan pemetaan medan perang di laut.

Sedangkan senjata yang dibekalipun juga terbilang mematikan dan canggih, seperti submachine gun MP5, HK PSG1, Daewoo K7, senapan serbu G36, Pindad ss-1, CZ-58, serta pistol Beretta dengan peredam suara untuk melumpuhkan musuh jarak dekat. Dengan demikian pasukan elit TNI yang satu ini sangatlah disegani dimata dunia.

5 DENBRAVO-90

5 Pasukan Elit TNI yang Ditakuti Dunia!
DENBRAVO 90

Tentara Indonesia kita tidak kekurangan pasukan khusus yang terbilang mematikan untuk bisa menaklukkan lawan dan memukul mundur musuh dalam waktu singkat. Pasukan elit Indonesia yang dirahasiakan yang paling muda dibentuk oleh intruksi Panglima TNI adalah Detasemen Bravo 90. Kesatuan elit yang berada dibawah naungan Korps Angkatan Udara ini dibentuk secara resmi pada tanggal 12 Februari 1990.

 Kesatuan yang berada dibawah Dankorpaskhas ini bertugas untuk melaksanakan operasi intelijen, melumpuhkan alutsista/instalasi musuh dalam mendukung operasi udara dan penindakan teror bajak udara serta operasi lain sesuai kebijakan dan arahan Panglima TNI.

Pasukan ini bermarkas di Lanud Rumpin, Bogor, Jawa Barat dengan motto “Catya Wihikan Awacyama Kapala” yang berarti setia, terampil dan berhasil. Seperti pasukan elit lainnya Kesatuan Bravo 90 ini juga dibekali beberapa senjata seperti pistol C&B MP 5, rompi anti peluru, NVG, GPS dan masih banyak lagi jenis senjata pelengkap.

Selain itu pasukan Bravo 90 juga difasilitasi kendaraan tempur seperti Land rover Defenfer MRCV, Dirgantara Military Vehicle. Dengan demikian pasukan elit Angkatan Udara ini bisa bekerja dengan cepat dan efisien dalam membantu operasi udara.

Nah, itu tadi ulasan mengenai Pasukan Elit TNI yang Dirahasikan dan Ditakuti Dunia, semoga ulasan tadi menambah kasanah pengetahuan sobat melek ya, terimaksih atas waktunya sudah bersedia mampir ke lapak kami, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya yang tidak kalah menarik.