Manfaat Makan Ikan

Manfaat Makan Ikan Setiap Hari
Manfaat Makan Ikan Setiap Hari

Belum Tau Manfaat Makan Ikan Bagi Kehidupan Manusia ???

Manfaat Makan Ikan Setiap HariLuasnya lautan menjadikan sumber daya ikan dengan berbagai jenis dan ukuran yang melimpah bagi negara sebesar Indonesia. Kekayaan yang terbilang aji mumpung ini, menjadi salah satu sumber daya alam yang besar bagi kelangsungan hidup masyarakatnya. Tidak heran jika pemerintah melalui kementerian kelautan memberikan perhatian yang besar kepada nelayan Indonesia. Baik dengan cara meningkatkan kesejahteraan nelayan melalui program peningkatan usaha dibidang kemaritiman, juga meningkatkan kualitas olahan dari laut. Ibu Susi selaku menteri kelautan Indonesia beberapa waktu belakangan gencar mempromosikan makan ikan sehat. Yang artinya mengajak setiap elemen masyarakat Indonesia untuk memperbanyak porsinya dalam mengkonsumsi ikan. Selain untuk meningkatkan pendapatan nelayan juga meningkatkan kualitas hidup sehat masyarakat Indonesia. Berikut ini manfaat makan ikan bagi tubuh kita.

Sumber Protein Terbaik?

Masa pertumbuhan dan perkembangan di seribu hari pertama kehidupan (HPK) sejak janin berada dalam kandungan sangat membutuhkan asupan protein yang lebih dan baik pastinya, karena protein dibutuhkan sebagai zat pembangun tubuh. Dalam peraturan Menteri Kesehatan No 41 tahun 2014 tentang pedoman Gizi Seimbang (PGS) menyatakan bahwa susu termasuk dalam kelompok lauk sumber protein bersama ikan, telur, unggas, daging dan kacang-kacangan serta hasil olahannya seperti tahu dan tempe.

Secara umum komposisi protein hewani pada ikan sebenarnya tidak terlalu berbeda kandungannya dengan protein hewani lainnya. Tetapi, ikan dikatakan lebih menyehatkan karena lemak yang terkandung dalam ikan bukan merupakan lemak jenuh.

Ikan sendiri juga mengandung asam lemak tak jenuh seperti omega 3 , yodium, selenium, fluorida, zat besi, magnesium, zink, taurin serta coenzyme Q10. Selain itu kandungan omega 3 pada ikan jauh lebih tinggi dibanding sumber protein hewani.

Ternyata harga pada ikan tidak menentukan kualitas protein yang terkandung, artinya murah mahalnya ikan kandungan gizinya hampir sama, seperti halnya ikan kembung yang harganya terjangkai justru memiliki kandungan omega 3 sebanyak 1,5 kali lebih tinggi dari ikan salmon yang harganya justru lebih mahal.

Selain protein ikan juga memiliki beberapa kandungan senyawa lainnya yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh kita, yaitu PUFA, EPA dan DHA. Jadi untuk ikutan sehat dengan mengkonsumsi ikan tidak harus membeli ikan yang harganya bisa menguras kantong kita, asalkan masih dalam kondisi fresh dan pastinya dalam pengolahannya ndak boleh sembarangan juga.

Menurunkan resiko Stroke dn Penyakit Jantung

Bagaimana mungkin ikan bisa membantu menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung? Dalam jurnal Circulation yang terbit pada tahun 2002, American Heart Association (AHA) menyatakan bahwa membiasakan makan ikan yang tinggi akan omega 3 dua kali dalam seminggu dapat membantu mengurangi risiko gagal jantung, penyakit jantung koroner, serangan jantung dan stroke.

Ternyata kandungan protein pada ikan yang tinggi dan bagus, membuatnya dapat membantu tubuh kita terhindar dari penyakit tersebut. Lemak ikan yang bersifat tidak jenuh juga salah satu faktornya, berbeda dengan kandungan lemak pada daging yang mengandung lemak jenuh. Jika tubuh ini terlalu banyak mengkonsumsi lemak jenuh berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat sehingga menimbulkan plak di arteri yang biasanya memicu berbagai jenis penyakit jantung.

Selain kita direkomendasikan untuk mengkonsumsi omega 3 sebagai pemelihara jantung kita lewat makan ikan, cara penyajian nya pun juga tidak boleh asal-asalan. Ternyata, mengolah ikan dengan cara digoreng justru mengurangi kandungan nutrisi pada ikan.

Ketika kita menggoreng ikan kandungan omega 3 nya akan menurun sebanyak 75%, padahal nutrisi tersebut salah satu target utama kita sebagai pelindung dari penyakit jantung dan stroke. Lantas bagaimana cara mengkonsumsi ikan yang dianjurkan?

Sebenarnya dengan makan ikan secara mentah lebih bagus, namun bagi kita mungkin sangat susah, karena kebudayaan yang pasti. Tenang, selain dengan mengkonsumsi secara mentah, ada beberapa cara lain yang bisa kita gunakan tanpa harus mengkorbankan nutrisi utama pada ikan, yaitu dengan merebus, mengkukus atau dengan memanggang.

Meningkatkan kecerdasan dan penglihatan pada tumbuhkembang anak

Mungkin bukan hal yang aneh bagi kita sebagai orang tua yang baru memiliki debay (dedeg bayi) yang unyu unyu menginginkan tumbuh kembang sang buah hati secara baik dan kelak akan menjadi anak yang cerdas.

Berbagai cara dilakukan, seperti halnya dengan memberikan makanan yang memiliki nutrisi baik untuk meningkatkan kecerdasan buah hati. Salah satu makanan yang sering dijadikan alternatif oleh orang tuanya yaitu ikan. Manfaat makan ikan untuk anak sangat banyak.

Bahkan ada beberapa diantara nya masih menambahkan lagi dengan stimulus berupa vitamin yang dari bahan dasar ikan juga, yaitu kita sering memberi namanya ‘minyak ikan’. Seperti saya dulu dari usia balita hingga masuk SD masih sering mengkonsumsi minyak ikan, selain menambah nafsu makan ikan yang berupa minyak tadi juga menambah daya gedor otak kita.

Namun, yang menurut saya sering kali diabaikan oleh sebagian banyak orang tua, setelah memberikan asupan gizi yang dirasa sudah lebih tidak diikuti dengan hasil yang memuaskan. Artinya anak-anak mereka masih saja ngglendor disekolah.

Yaiyalah pak, buk, gimana ngga boleh nggelendor coba, anak-anak kalian cuman dikasih asupan gizi tanpa ada tambahan treatmen buat ngasah otaknya, malah bisa menimbulkan efek yang kurang baik. Ibarat sepeda motor, meskipun dikasih oli dan bahan bakar yang top markotop, kalau si drivernya kurang terlatih ya jangan harap bisa sampai tujuan, buat nyalain motornya malah bisa-bisa ngga mudeng.

Baca Juga :

Mencegah pikun dan penuaan dini

Kandungan protein yang tinggi dan dengan kadar yang terbilang bagus, ikan juga memiliki senyawa lain yang bisa membuat tubuh kita awet muda dan mampu membuat daya ingat kita kuat, yaitu omega 3. Banyak pertanyataan kenapa orang Jepang sangat cerdas-cerdas, terampil dan awet muda, jawaban terbanyak yaitu karena makan ikan mentah.

Nah, yang saya kurang sepakat dengan jawaban tersebut adalah makan ikan mentah menjadi kunci keberhasilan suatu kaum dan bisa menjadikan awet muda. Okelah, seperti yang sudah kita bahas diatas mengenai kandungan ikan yang emang sangat bagus buat suplemen sel tubuh kita, tetapi perlu kita pahami bersama, keberhasilan bangsa Jepang bukan semata-mata hanya karena konsumsi ikan mentahnya.

Tetapi bagaimana disana budaya kedisiplinan dan ketekunan ditanamkan sejak dini, ngga heran jika negara Jepang dan Korea Selatan bisa maju meski makanannya cuman ikan mentah. Berbeda dengan budaya masyarakat kita, mau makan ikan atau ngga ya gini-gini aja kan, karena mental dan daya pikirnya masih sering setengah-setengah.

Selain dengan makan ikan, mereka (orang Jepang), rutin berolah raga, serta melakukan pola hidup yang sehat agar mencegah penuaan dini. Di negara Jepang dan Korea Selatan banyak orang juga melakukan operasi sedot lemak, operasi plastik supaya terlihat awet muda juga.

Selain makan ikan diusahan juga perbanyak refreshing yang artinya melakukan peregangan otak dan pikiran, perbanyak senyum dan tertawa. Sedangkan untuk menghindari pikun, selain bawaan juga terkadang banyak disebabkan terlalu banyak pikiran dan malas mencatat.

Menurunkan resiko asma pada anak

Penyebab asma biasanya dikarenakan oleh polusi udara dan lingkungan, namun juga tidak menutup kemungkinan dikarenakan alergi makanan atau cuaca. Salah satu rekomendasi bagi pengidap penyakit asma dianjurkan untuk makan ikan.

Kandungan omega 3 dan banyaknya vitamin serta mineral juga mampu membantu imunitas tubuh membaik. Efek dari kandungan ikan menguntungkan pada gangguan inflamasi pada tenggorokan. Namun, yang tidak kalah pentingnya diusahakan untuk mengkonsumsi ikan tidak dalam kondisi merokok, dekat dengan cerobong asap atau knlapot.

Karena itu diabaikan ya sama juga bohong, kandungan mineral ikan tidak ada manfaatnya malah lebih cepat terserang asma.

Melawan depresi dan meningkatkan rasa bahagia

Manfaat mengkonsumsi ikan yang satu ini mungkin banyak orang yang menginginkan. Apakah benar kita yang rutin makan ikan akan terhindar dari depresi dan bisa menigkatkan rasa bahagia? Benar, jika kita mengkonsumsi ikan dengan harga yang tidak mahal pastinya, rasa olahannya juga pas dengan selera lidah kita.

Selain itu makanlah ikan dengan pasangan atau orang yang menurut kamu bisa menjadi moodboster. Dan yang tidak kalah pentingnya makan ikan yang enak dan mahal seperti salmon, tuna secara gratis, bisa dengan mancing sendiri atau minta traktiran teman.

Karena, jika kalian makan ikan dengan beli sendiri yang bisa menghabiskan gaji bulanan anda cuman buat makan ikan, bukannya kebahagian yang didapat malah depresi berat, karena tunggakan bank dan bayar kos-kosan yang tak terbereskan.

Nah, itu tadi ulasan mengenai pentingnya makan ikan dalam kehidupan sehari-hari bagi kesehatan kita, nantikan ulasan-ulasan lainnya di artikel selanjutnya dan terimakasih sudah mampir pada kesempatan kali ini.