5 Kendaraan Tempur yang Menjadi Andalan TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI

5 Kendaraan Tempur Ini Menjadi Andalan TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI
5 Kendaraan Tempur Ini Menjadi Andalan TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI

5 Kendaraan Tempur Ini Menjadi Andalan TNI dalam Menjaga Pertahanan dan Kedaulatan NKRI

Nama Kendaraan TNI – Indonesia sebagai negara dengan luas wilayah yang cukup besar mengaharuskan memiliki pasukan dan juga perlengkapan pertahanan banyak serta kuat pastinya. Tentara Nasional Indonesia sebagai institusi resmi negara membackup urusan pertahanan dan keamanan sudah mempersiapkan kebutuhan negara dengan baik. Lembaga  militer memiliki tugas menjaga keamanan dan pertahanan garda terdepan, TNI sangat berharap mendapat perhatian dari pemerintah pusat yaitu dengan alokasi anggaran yang lebih.

Salah satu alokasi anggaran yang digelontorkan pemerintah yaitu digunakan untuk pengadaan alutsista (alat pertahan militer). Pentingnya perlengkapan perang dalam sistem pertahanan negara diera modern ini sangatlah vital, selain untuk menggambarkan kekuatan sebuah pertahanan juga membantu kinerja para prajurit TNI dalam bertugas. Hal tersebut dipengaruhi oleh perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan juga teknologi.

Salah satu instrumen pendukung lembaga militer kita dalam menjaga keamanan dan pertahanan yaitu sebuah kendaraan tempur atau disingkat denga ranpur. Fungsi dari kendaraan tempur ini sendiri juga beragam, melihat jenis dan kecanggihan teknologinya. Kendaraan tempur dalam kesatuan militer terbagi menjadi tiga bagian, yang pertama yaitu kendaraan tempur jenis serbu atau penghancur sasaran musuh, yang kedua yaitu kendaraan tempur swiper atau pembackup kendaraan serbu tadi, biasanya kapasitas kendaraan ini lebih besar, sedangkan kendaraan tempur yang ketiga berjenis pengangkut, yaitu sebagai pengangkut prajurit atau pasukan dan juga pengangkut logistik perang atau operasi militer.

Indonesia saat ini sudah memiliki ketiga jenis kendaraan tersebut. Nah, kali ini ayomelek mencoba mengulas beberapa kendaraan tempur milik TNI sebagai pendukung kinerja mereka dalam menjaga keamanan dan pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ranpur canggih TNI ada beberapa unit yang tersebar di beberapa Korps Angkatan Darat dan Laut. Nama kendaraan lapis baja yang digunakan angkatan perang Indonesia ini ada yang buatan dalam negeri juga luar negeri.

5 Kendaraan Tempur Ini Menjadi Andalan TNI

1 TANK SCORPION

5 Kendaraan Tempur Ini Menjadi Andalan TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI
TANK SCORPION

Kendaraan lapis baja untuk perang yang pertama yaitu berjenis Tank, yaitu kendaraan perang berlapis baja dengan roda penggerak berupa lilitan baja yang sangat mudah digunakan dimedan berat, seperti lumpur atau bebatuan terjal. Tank yang dimiliki TNI salah satunya berjenis FV101 Scorpion, yaitu sebuah tank ringan modern buatan Inggris. Tank yang dipakai oleh tentara Inggris pertama pada tahun 1973 ini dibuat oleh Alvis Vickers dan sudah diproduksi lebih dari 3.000 unit.

Memiliki tubuh yang ringan membuat tank ini sangat lincah dalam bermanuver. Bobotnya yang ringan membuatnya bisa diangkut dengan pesawat. Sehingga membuat mobilisasi lebih cepat dan efektif serta mampu berlari dengan kecepatan 80 km/jam. Terbuat dari bahan utama alumunium dan dipersenjatai dengan senjata meriam ukuran 76mm membuatnya mampu menggempur pertahanan lawan dengan maksimal.

Mesin yang digunakan bertipe jaguar atau dengan bahan bakar bensin, namun dimodel-model terakhir juga ada yang memakai mesin diesel dengan begitu bisa menghemat bahan bakar dan menambah torsi percepatan dalam bergerilya. Tank ini sangat cocok digunakan dimedan-medan tropis seperti Asia Tenggara. Maka dari itu persebaran Tank Scorpion ini cukup banyak di negara-negara seperti Indonesia, Thailand, Filipina, Brunei Darusalam, Malaysia.

Ternyata Tank Scorpion ini juga memiliki banyak variannya lo sobat. Udah seperti kue aja ya banyak varian hehe, nah varian yang ditawarkan yaitu ada varian Striker, tank jenis ini dibekali senjata anti tank jadi makin kuat, varian kedua ada Spartan, senjata yang dibawanya termasuk kategori sedang. Untuk varian Samson lebih kepada kendaraan pemulihan dipersenjatai senjata ringan biasanya digunakan kendaraan tempur lapis. Nah, sedangkan varian Sultan digunakan sebagai pos komando dititik tertentu. Ada juga tank yang digunakan sebagai medis atau ambulans yaitu varian Samaritan, jenis ini sengaja dibekali senjata berat karena selain membawa logistik vital juga lebih kepada keamanan darurat. Terakhir ada varian Scimitar, Sabre dan Stormer yang memiliki meriam dengan ukuran sama dan mampu mengankut 10 personel.

2 TANK LEOPARD 2

5 Kendaraan Tempur Ini Menjadi Andalan TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI
TANK LEOPARD 2

Tank pabrikan Jerman ini menjadi salah satu Tank idaman semua angkatan perang di dunia. Tank Leopard 2 ini merupakan pengembangan dari kakaknya, Leopard generasi pertama yang digunakan pada perang dunia 1 dan 2. Tank tempur utama yang dikembangkan oleh Rauss-Maffei pada tahun 1970 untuk kebutuhan kekuatan militer Tentara Jerman pada tahun 1979 sebagai pengganti Leopard 1. Konsep kendaraan tempur ini adalah sebagai Tank tempur utama atau sebagai penghancur yang keras.

Untuk desainnya sendiri terbilang kendaraan tempur lapis baja yang sangat kuat, dengan menggunakan baja multi lapis menjamin ketangguhannya. Empat sisi depan utama dipasang baja paling tebal diantara bagian lainnya. Kubahnya tentu juga dipasang baja multi lapis agar menjamin keselamatan awak tank. Disinyalir baja depan Tank Leopard 2 ini sanggup menahan hantaman proyektil kaliber 125mm dari jarak 1500m. Sungguh kuat bukan, wajar kalau harganya juga selangit ya sob, ditaksir satu unit Tank Leopard 2 ini menelan harga US$ 5.75 Juta.

Senjata utama tank ini yaitu Kanon Rheinmetall 120mm smoothbore gun. Senjata yang memiliki 2 variasi ini yaitu, L44 dengan laras pendek dipasang dari varian awal sampai A5 dan L55 dengan laras panjang dipasang di varian A6 sampai varian seterusnya. Kanon Leopard 2 ini juga sudah dikembangkan kemampuannya untuk menembak rudal anti tank Lahat. Selain itu, juga dilengkapi senjata pendukung lain seperti, senapan mesin koaksial dan senapan mesin anti personel dan pesawat. Senapan mesin bisa dipasang dimanapun sesuai kebutuhan, biasanya jenis senapan mesinnya antara lain MG3 oleh Jerman, MG-51 oleh Swiss, FN MAG GPMG oleh Belanda, Singapura dan pastinya Indonesia.

Untuk mesin penggeraknya tank ini menggunakan tipe MTU MB-837 Ka501 diesel yang bertenaga 1500 hp. Kecepatan yang diperoleh dari mesin tersebut yaitu 72km/jam dan mampu berjalan sejauh 550 km. Suspensi yang dipakai yaitu torison bar dengan rantai beralas karet serta dapat diganti dengan rantai khusus medan salju, sangat fleksibelkan sob. Nah, tank ini selain jago di darat ternyata juga di air lho, terbukti mampu menyelam sedalam 4 m dengan snorkel.

Indoensia sendiri sudah membeli sebanyak 103 unit dengan 63 unitnya dimodifikasi model revolusi. Paket pembelian Tank Leopard 2, Indonesia mendapatkan 50 unit Marder 1A3 IFV bekas pakai Bundeswehr, 4 unit Buffel ARV, 3 unit Leopard 2 Leguan, dan 3 unit Kodiak AEV. Pada tahun 2013 Indonesia menerima 2 unit Leopard 2 dan 2 unit Marder IFV yang muncul pada upcara HUT TNI ke 68 kemarin. Pada tahun 2016 Tank Leopard 2 Revolution mendarat di Indonesia dan kini menambah koleksi alutsista TNI dalam upaya memperkuat keamanan dan pertahanan negara.

Baca Juga :

3 PANSER ANOA

5 Kendaraan Tempur Ini Menjadi Andalan TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI
PANSER ANOA

Ranpur canggih TNI ketiga ini adalah produk dalam negeri yang diproduksi PT Pindad. PT Pindad adalah perusahaan milik negara bergerak dibidang industri manufaktur pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia. Salah satu produknya yaitu kendaraan tempur lapis baja dengan dipersenjatai senjata berteknologi canggih. Panser Anoa menjadi produk kendaraan tempur terbaik dan digunakan lembaga militer Indonesia untuk menambah kekuatan pertahanan.

Pindad APS 3 Anoa (kependekan dari Angkutan Personel Sedang 3) sebuah kendaraan militer lapis baja. Panser Anoa adalah gabungan antara kendaraan pengangkut personel dengan salah satu nama binatang mirip kerbau asli Pulau Sulawesi. Kendaraan tempur yang diproduksi pada tahun 2006 ini memiliki berat 14 ton mampu mengangkut 10 personel.

Dibalut baja kualitas baik membuat kendaraan ini memliki kekuatan yang ekstra. Senjata utamanya adalah senapan mesin dengan kaliber 12,7mm, senapan mesin kedua berukuran 7,62mm, granat CIS 40 AGL. Sedangkan senjata pelengkap berupa pelontar granat asap ukuran 1×3 66mm. Jenis mesin yang dipakai yaitu diesel 6 silinder dengan tenaga dihasilkan 2.500, berkecepatan 90 km/jam. Membuatnya sangat lincah saat bermanuver.

Jenis Pindad Anoa ini ada tiga model penggerak, yaitu 4×4, 6×6, dan 8×8 dan juga ada yang beroda rantai mampu menguasai segala medan tempur. Sedangkan untuk varian terbagi menjadi tiga, pertama, Anoa Intai dipersenjatai meriam berkaliber 20mm beserta senapan mesin berat dan tabir asap. Kedua ada Anoa IFV yaitu kendaraan tempur yang diperuntukan memberi bantuan tembakan dengan meriam berkaliber 20mm dan ketiga ada Anoa Kanon, panser ini merupakan pengembangan dari anoa 6×6 dengan sistem meriam menggunakan CSE-90/MK-III Defense dari Belgia juga dilengkapi dengan senapan mesin coaxial 7,62mm kian menambah gahar saat bertempur.

4 MLRS ASTROS II

5 Kendaraan Tempur Ini Menjadi Andalan TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI
MLRS ASTROS II

Unit kendaraan tempur satu ini berbentuk seperti truk dilengkapi sebuah kotak besar dibelakang berisi roket besar. Mobil peluncur roket yang didatangkan dari negara Brazil ini namanya Multiple Launch Rocket System (MLRS) Artillery Saturation Rocket System II MK6 merupakan mobil peluncur roket mematikan mampu menghancurkan bungker-bungker musuh atau instalasi musuh.

Indonesia saat ini sudah memiliki 36 unit yang didistribusikan ke dua batalyon. Kendaraan tempur peluncur roket ini mempunyai efek getar cukup besar, karena bisa meluncurkan beberapa roket sekaligus serta bisa menjangkau sasaran jarak jauh.

Mobil tempur peluncur roket satu ini dilengkapi vitur Swagerak, yang artinya bisa ditempatkan secara mobile dari satu tempat ke tempat lain. Ada beberapa jenis roket yang bisa dilontarkan dari mobil ini, antara lain roket SS-40, SS-60, dan SS-80.

5 JIP TEMPUR P6 ATAV

5 Kendaraan Tempur Ini Menjadi Andalan TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI
JIP P6 ATAV

Nah, untuk kendaraan tempur yang terakhir ini terbilang baru ya sob, kendaraan diproduksi oleh Sentra Surya Ekajaya (SSE) berada di Tangerang, Banten diberi nama Jip P6 ATAV (All Terrain Assault Vehicle). Kendaraan yang diperuntukan kepada prajurit Komando Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat dan Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara dalam menjalankan tugas operasi militer baik perang maupun operasi militer lainnya.

Kendaraan yang menggunaan mesin diesel 2.500cc empat silinder dengan tenaga dihasilkan sebesar 142 tenaga kuda dengan transmisi otomatis enam percepatan mampu mengarungi berbagai medan berat. Tangki bahan bakar mampu menampung sampai 120 L dengan jarak jelajah sejauh 500km. Terbilang kendaraan tempur taktis dan cepat yang mumpuni.

Jip ini mirip dengan jip Humvee milik pasukan militer Amerika Serikat, dengan dimensi yang dimiliki panjang 4,6m, lebar 2,3m, dan tinggi 1,5m. Dengan mengusung konsep mobil terbuka membuat keempat sisi duduk bisa memudahan serbu tembak standby dalam perjalanan. Yang menarik dari mobil ini dilengkapi senapan mesin yang fleksibel dalam artian bisa dipasang atau tidak.

Lima kendaraan tempur diatas adalah bagian kecil dari berbagai jenis dan model kendaraan tempur yang dimiliki oleh TNI namun termasuk kategori kendaraan tempur yang terbaik. Demikian ulasan tentang lima Kendaraan Tempur yang Menjadi Andalan TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI. Terimakasih atas waktunya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartikel selanjutnya ya sobat melek.