Tentang IMF – WB Annual Meetings 2018

Pada tahun ini (2018) bulan Oktober Indonesia mendapat kehormatan sebagai tuan rumah acara akbar yang di selenggarakan oleh Bank Dunia yaitu sebuah acara yang diberi nama IMF-WB Annual Meetings. Banyak diantara kita yang tanya apa sih acara tersebut dan seperti apa sih gambarannya.

IMF-WB (International Monetary Fund dan World Bank) Annual Meeting adalah sebuah pertemuan keuangan tahunan terbesar di dunia. Yaitu mendiskusikan perkembangan ekonomi dan keuangan global, outlook ekonomi global, stabilitas keuangan global, kemiskinan, pembangunan, lapangan pekerjaan dan perubahan iklim.

Siapa pesertanya?

Menteri keuangan dan Gubernur Bank sentral dari 189 negara anggota IMF, Akademisi, think tank, Anggota parlemen, NGO (non governmental organization) dan media.

peserta IMF-WB 2018 tiba di Indonesia

Tuan rumah?

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah AM tahun 2018 yang bertempat di Nusa dua, Bali, pada 12-14 Oktober 2018

rapat koordinasi panitia

Alasan Indonesia sebagai tuan rumah?

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, alasan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah. Di luar terpenuhinya indikator-indikator yang harus ada sebagai necessary condition pertemuan IMF-WB, Sri Mulyani mengatakan bahwa Indonesia dipilih sebagai negara dengan jumlah kelas menengah terbanyak. Kondisi ini dianggap sebagai model keberhasilan pembangunan Indonesia.

Kemudian, Ketua Panitia Nasional, Luhut Binsar Panjaitan juga mengungkapkan adanya kepercayaan dunia internasional pada Indonesia menjadi alasan mengapa Indonesia terpilih sebagai tuan rumah. Dengan segi keamanan yang baik, stabilitas politik, dan keberhasilan ekonomi, ketiga aspek ini membuat Indonesia dipercaya dapat mengadakan pertemuan yang bergengsi ini. Selain itu, akselerasi infrastruktur yang baik di Bali juga menjadi alasan lain mengapa Bali akhirnya terpilih sebagai tuan rumah pertemuan ini.

Side event?

Internasional Monetary and Financial Committee, side events seminar pemuda, workshop terkait teknologi, dan jumlah peserta mencapai 32.000 orang

Siklus penyelenggaraan?

Dalam siklus penyelenggaraan, AM digelar di Washington DC selama dua tahun berturut-turut, namun pada tahun ketiga diadakan di salah satu negara anggota IMF-WB yang terpilih untuk menjadi tuan rumah.