6 Suku yang Terkenal dengan Ilmu Santet Terampuh di Indonesia

Ini Dia Suku yang Terkenal dengan Ilmu Santet Terampuh di Indonesia

Ilmu Hitam Paling Berbahaya di Dunia – Indonesia terkenal dengan ragam budaya dan sejarah kedaerah yang melimpah. Hal tersebut dikarenakan bentuk negara yang tersusun rapi dari gugusan kepulauan. Memiliki banyak suku, budaya, bahasa, ras dan etnik menjadikan Indonesia sebuah negara yang sangat kaya baik secara materil maupun non materil. Menjadi bagian dari bangsa yang besar adalah keberuntungan dan kepuasan tersendiri.

Indonesia ibarat kata adalah sebuah laboratorium dunia, yang banyak diburu para akademisi, ahli dan pakar disegala bidang keilmuan. Salah satu yang sampai hari ini masih eksis untuk kita bahas adalah perihal kebudayaan kedaerahan di Indonesia tentang ilmu hitam yang kerap menjadi sebuah lebel kesukuan. Meski dunia sudah memasuki era modernisasi, mungkin tidak untuk Indonesia.

Sentimen mistis dan tahayul yang sudah mengakar dilapisan masyarakat kelas bawah menjadi sebuah warisan kebudayaan berabad-abad lamanya. Bahkan, negara lewat pemerintahan yang sah sempat mengkaji sebuah peraturan perundang-undangan untuk mengatur tatanan sosial dimasyarakat. Salah satu produk legislasinya yaitu perumusan undang-undang santen atau ilmu hitam.

Ilmu hitam sendiri sudah ada dan diakui oleh masyarakat dari berabad-abad, bahkan di beberapa suku di Indonesia dijadikan sebuah bentuk ritual khusus untuk melindungi kelompok serta aktualisasi rasa syukur kepada arwah nenek moyangnya. Namun, belakangan ilmu hitam ini berkembang sedemikian rupa untuk kepentingan yang merugikan pihak lain atau banyak penyalah gunaan. Dari beberapa kasus, orang belajar ilmu santet untuk melukai orang lain, melakukan tindakan kriminal seperti pencurian dan bahkan penipuan.

Hampir setiap daerah di Indonesia mungkin memiliki klaim sejarah ilmu santet yang kelas tinggi. Sehingga tidak dihindarkan stigma yang terus tumbuh subur di masyarakat pandangan bahwa ilmu hitam atau santet di daerahnya paling kuat. Bagi mereka yang penganut madzab positifisme mungkin menganggap hal semacam ini sebuah lelucon dan sekedar mitos belaka.

Nah, kali ini ayomelek akan mencoba memaparkan beberapa suku di Indonesia yang konon dipercaya masyarakat memiliki jenis ilmu hitam tingkat tinggi.

1 Suku Kajang, Sulawesi Selatan

Kelompok masyarakat pedalaman dari Pulau Timur Kalimantan ini mungkin kurang begitu familiar ya sob, etttt tunggu dulu. Suku yang mendiami sebuah kampung di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan ini memiliki kehidupan yang unik. Lebih-lebih perihal kepercayaan mereka ya sob, disana terjadi dualisme kepercayaan, seperti halnya mereka percaya akan konsep monoteisme yaitu kekuatan tunggal, tapi disisi lain mereka ternyata juga percaya dengan yang bersifat pliteisme yaitu sebuah ritual penyembahan roh nenek moyang.

Masyarakat Suku Kajang ini terbilang orang-orang yang memiliki prinsip kuat, salah satu prinsip tinggalan leluhur yaitu sebuah ungkapan Ammatoa, yaitu sebuah pesan untuk menjaga alam karena alam adalah bagian terpenting dalam hidup manusia, apabila kamu merusak hutan sama halnya kamu merusak dirimu sendiri. Sungguh tegas dan bermakna luas pastinya. Selain itu, Suku Kajang juga berpegang sama filosofi bernama Pasang, yaitu sebuah tatanan kehidupan tidak hanyak memikirkan hal fisik saja seperti rumah, namun juga menata spiritual dalam hal ini adalah menata moral setiap individu Suku Kajang.

Suku yang memiliki identitas diri dengan pakaian serba hitam ini terkenal akan kelembutan, ramah dan peduli kesesama kelompok masyarakat. Namun, jangan heran dibalik kelembutan seseorang pasti ada sebuah kekuatan yang luar biasa apabila mereka diganggun. Dengan tinggalan nenek moyang mereka dibekali sebuah ritual atau beberapa macam-macam ilmu dengan kekuatan diluar logika manusia normal.

Lewat sebuah amalan ilmu spiritual tinggalan nenek moyang  Suku Kajang bernama Doti Kajang inilah masyarakat dibekali perlindungan. Menurut beberapa sumber mengatakan bahkan, kekuatan dari mantra ilmu hitam ini sangat dahsyat. Bagaimana tidak, dengan mengamalkan ilmu ini bisa menghilangkan nyawa orang, selain itu masyarakat Kajang ini juga jago dalam hal ilmu kebal.

2 Suku Asmat, Papua

suku asmat

Kelompok masyarakat lokal yang mendiami pulau dengan kekayaan alam melimpah di Indonesia bagian timur ini menjadi primadona destinasi wisata kebudayaan mancanegara lho sobat. Meski akses untuk menembus ke lokasi kediaman Suku Asmat ini penuh dengan rintangan seperti menembus hutan belantara, naik turun bukit, dan melintasi beberapa sungai dengan arus deras saat musim hujan.

Meski sudah ada layanan penerbangan lokal dengan pesawat kecil, namun tidak sedikit yang melakukan perjalan via darat untuk menambah sensasi. Suku Asmat ini sebenernya terbagi menjadi dua kubu, yaitu ada yang mendiami pesisir pantai, dan yang satunya berada di pedalaman hutan Papua yang rimbun. Kedua kubu ini ternyata memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal tatanan sosial, pengaruh letak geografis sangat mendominasi, bagi masyarakat yang tinggal di pinggir pantai lebih cepat open terhadap hal baru, seperti kebudayaan, teknologi sampai pemikiran. Berbeda dengan saudaranya yang tinggal di atas gunung, mereka cenderung tertutup dan sangat arif akan menjaga dan melestarikan semua kehidupan tradisional.

Suku Asmat sangat terkenal dengan ritual-ritual tradisional berbau politeisme atau penyembahan roh dan pengagungan benda sakral. Bahkan, suku ini juga terkondangkan dengan kemampuan memanggil hujan dan petir. Luar biasa, dibalik kuasa Tuhan dengan memberikan kelebihan kepada sebagian makhluknya untuk aware terhadap alam.

Suku asmat ini salah satu suku yang ngga bisa diajak main-main, bikin mereka kesinggug bisa berabe kalian hehehe. . . mereka akan mengirim paketan berupa sakit unik, kesialan tiada tara, bahkan hal-hal yang konyol dan bikin kalian bete melulu. Mereka melakukan hal demikian cuman buat orang yang berniat jahat kok, misal pengen ngerusak alam disana, karena bagi mereka alam adalah singgasana maharaja para dewa yang ngga boleh dikotorin apalagi di rusak sembarangan.

3 Suku Batak, Sumatera Utara

suku batak

Mejadi salah satu suku terbesar di Indonesia, suku batak memiliki banyak keunikan yang membuat banyak orang bertanya-tanya. Suku yang memiliki beberapa klasifikasi antara lain, Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Angkola, da Batak Mandailing ini tersebar di salah satu provinsi di Pulau Sumatera yaitu Sumatera Utara.

Banyak cerita-cerita rakyat, dongeng, legenda hingga mitos yang berkembang lahir ditanah Batak. Tidak hanya itu, Suku Batak salah satu penyumbang lahirnya beberapa tokoh-tokoh berpengaruh tingkat nasional, bahkan ada yang mendapat predikat pahlawan nasional seperti, Amir Sjarifoedin, A.H. Nasution, Burhanuddin Harahap dan masih banyak lagi.

Sering orang mengatakan bahwa Kota Medan ibukota Sumatera Utara menjadi salah satu kota santet terkuat di Indonesia. Salah satu ilmu hitam yang terkenal akan keampuhannya yaitu Begu Ganjang, yang berarti Setan Panjang berbentuk mirip orang dengan tangan dan kaki super panjang. Makhluk jenis ini sering diidentikkan dengan peliharaan orang-orang Par Begu Ganjang. Kekuatan yang dimiliki yaitu mampu mengambil nyawa seseorang dalam hitungan hari.

4 Suku Baduy, Banten

suku baduy

Suku yang mendiami ujung kulon Pulau Jawa ini sangat familiar bagi masyarakat ibu kota, keberadaannya yang tidak jauh dan sering masuk media massa Indonesia karena peliputan kehidupan yang mempertahankan cara tradisional meski dihimpit kemajuan zaman.

Masyarakat suku baduy ini telah lama menduduki daerah pegunungan di Provinsi Banten ini, turun temurun nenek moyang menurunkan pemahaman dan prinsip yang kuat untuk menjaga dan melindungi kekayaan tradisi mereka. Meski terbagi menjadi kelompok, yaitu suku baduy dalam dan luar. Mereka memiliki ikatan yang kuat. Masyarakat yang masih kental akan nuansa mistisisme adalah baduy dalam, selain dari identitas melekat dalam diri mereka, kehidupan yang serba tradisional membuatnya semakin sakral.

Ilmu hitam Banten yang terkenal salah satunya ya dari Suku Baduy ini, seperti kemampuan mereka akan meramal masa depan dengan memanfaatkan tanda alam atau bisikan roh halus. Selain itu mereka juga memiliki kemampuan dalam hal kekebalan, tahan bacok, tahan pukul, dan mereka ahli dibidang debus, ngga heran kalau banyak para jawara lari ke Banten buat belajar ilmu tenaga dalam. Meski demikian mereka ternyata juga memiliki pantangan khususnya buat masyarakat yang terikat didalam kelompok Baduy dalam, bahwa tidak diperbolehkan untuk menggunakan alat transportasi apapun. Jika dilanggar ya tanggung sendiri resikonya wkwkwkw

5 Suku Dayak, Kalimantan Timur

suku dayak

Nama Dayak atau Dyak adalah brand dari Pemerintah Belanda saat melakukan ekspansi bertahun-tahun di Indonesia kepada masyarakat penghuni Pulau Borneo nama keren Pulau Kalimantan. Pulau terbesar ke tiga di dunia ini memiliki etnik campuran melayu. Ada tiga kategori pengkelompokan suku di Kalimantan, antara lain Suku Dayak, Suku Banjar dan Suku lokal selain keduanya. Salah satu yang terkenal di Indonesia bahkan mancanegara yaitu Suku Dayak.

Suku yang terkenal dengan panglima burungnya ini memang sudah mendarah daging dalam khasanah keilmuan hitam dan mitos-mitos berbau klenik lainnya. Mantra-mantra ilmu santet pun sesekali santer dibicarakan oleh banyak orang, seperti mitos kalau berbuat jahat kepada wanita keturuan asli suku dayak bisa-bisa titit kalian dihilangin lo sobat. Ihh ngeri kan ya, tapi selain itu masih banyak beberapa ritual yang mengandung nilai positif. Seperti ritual tolak balak, ritual pemanggilan hujan, ritual pengusiran roh jahat dan yang tidak kalah terkenalnya yaitu perbendaharaan ramuan-ramuan yang banyak dicari masyarakat dalam pengobatan.

Alam yang bagus dengan didominasi hutan tropis, Kalimantan memang gudangnya tumbuhan-tumbuhan langka dan berkasiat. Selain itu, tradisi yang diturunkan nenek moyang dengan memakai bahan-bahan tradisional memang melekat, seperti bedak anti panas, ramuan kesehatan dan beberapa minyak yang berkhasiat tinggi untuk mengobati penyakit berat.

Nah, untuk senjata mutahir mereka adalah mandau, yaitu sebuah alat yang terbuat dari tempaan logam pilihan berbentuk seperti parang, namun memiliki kekuatan magis yang luar biasa ampuh. Jangan main-main dengan mandau asli suku anak dalam dayak ya sobat, menurut kabar burung, mereka bisa mengendalikan mandau untuk melukai lawan tanpa awak alias seperti drone yang dikendalikan jarak jauh.

6 Suku Osing, Banyuwangi (Jawa)

suku osing

Banyak orang bilang orang Banyuwangi itu cantik-cantik, ibarat kata Sundanya Jawa TImur. Didaerah ujung timur Pulau Jawa ini memang sangat terkenal akan cerita magisnya. Salah satu tempat paling keramat yaitu Alas Purwo. Pada bulan Syuro banyak orang-orang ahli tirakat dan spiritual melakukan pembersihan diri serta semedi disana.

Bahkan, sejarah pernah mencatat kejadian santet yang sempat menggerkan seantero tanah air, tepatnya pada tahun 1998. Dimana Indonesia sedang di uji dengan keadaan politik yang tidak stabil dan rentan gesekan antar kelompok masyarakat. Pada waktu itu terjadi gesekan antara kelompok santri dan abangan, istilah orang-orang pribumi Jawa yang berlaku kejawen. Gesekan tersebut menewaskan ratusan orang tak bersalah.

Masyarakat Banyuwangi juga membagi empat jenis ilmu santet. Pertama, santet hitam yang dilakukan untuk membunuh lawan hingga meningal. Kedua, santet merah buat bales dendam namun lawan tidak sampai meninggal. Ketiga, santet kuning yang identik dengan sebuah amalan pengasihan, seperti memikat lawan jenis. Dan yang keempat ada santet putih, ilmu hitam satu ini lebih identik digunakan untuk pengasihan mencari rejeki. Sungguh lengkap bukan ilmu hitam yang mereka tawarkan.

Jangan menilai sisi buruknya dulu ya sobat, ulasan tadi adalah gambaran real kekayaan bangsa kita, keberadaan dan keberlangsungannya mungin sering kita temui, baik langsung atau sekedar cerita orang lain. Di dunia ini sudah diisi dengan dua sisi, antara kebaikan dan kejelekan. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan apa yang sudah Tuhan sajikan melalui perantara kekayaan alam dan seisinya. Itu tadi ulasan mengenai 6 Suku yang Terkenal dengan Ilmu Santet Terampuh di Indonesia. Terimakasih atas supportnya dengan meluangkan waktu membaca, jangan lupa share ya siapa tau bermanfaat untuk yang lainnya, sekian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *